Berikut Fungsi Homogeneous dan Jenis Jenis nya

Di pasaran bahan bangunan, kita mengenal istilah granite tile dan ceramic tile untuk bahan bangunan yang biasa digunakan untuk material penutup lantai. Ceramic tile atau keramik seringkali kita gunakan untuk penutup lantai. Material ini trend di indonesia pada tahun 1990-an menggantikan lantai teraso yang terkenal awalnya. Bahkan juga sampai saat ini, lantai keramik tetap menjadi salah satu pilihan finishing lantai yang terkenal ditengah-tengah masyarakat.

Di waktu yang serupa, material granit datang di indonesia sebagai pilihan penutup lantai selain keramik. Granit datang untuk pilihan yang dipandang lebih elegan serta bagus dibanding keramik. Harga juga relatif lebih mahal sehingga hanya golongan menengah ke atas saja yang dapat membeli granit untuk finishing lantai rumah mereka.

Pada tahun 2000-an, ada pendatang baru yakni homogenous tile. Material ini kemungkinan tidak asing lagi kita dengar. Pemakaiannya juga makin terkenal ditengah-tengah masyarakat. Tetapi tahukah Kamu apakah itu sebetulnya homogeneous tile? Lalu apa granit tile sama seperti homogeneous tile?

homogenous tile

Homogeneus tile sebetulnya ialah salah satu bentuk dari ceramic tile. Baik homeogeneous tile dan ceramic tile dibuat dari tanah liat serta pasir kuarsa untuk material intinya. Bedanya terdapat pada proses pembuatannya. Homogeneous tile dibakar dengan temperatur yang lebih tinggi dibanding dengan ceramic tile.

Proses ini membuat homogeneous tile semakin padat, keras, serta sedikit pori-pori sehingga lebih tahan lembab serta anti-noda. Karakter ini sama rata pada semua sisi permukaannya. Oleh sebab itu finishing lantai ini disebutkan dengan homogeneous tile sebab karakter serta penampilannya yang homogen.

Granite tile yang seringkali kita dengar biasanya kerap merujuk pada homogeneous tile. Penggunaan arti granite tile sebetulnya kurang pas, sebab material homogeneous tile betul-betul tidak memiliki kandungan bebatuan granit. Tetapi arti ini masih terkenal di masyarakat sebab penampilan dari homogeneous tile seperti lantai granit yang elegan, mengkilap, serta memiliki tekstur menarik.

 

Beberapa jenis Homogeneous Tile

Menurut motifnya, homogeneous tile bisa dibagi menjadi model polos tanpa ada motif dan model memiliki motif. Motifnya dapat berbagai macam, mulai dari motif kayu, motif marmer, serta motif granit (yang kemungkinan motif ini benar-benar terkenal sehingga kerap diistilahkan sebagai granite tile).

Menurut tipe permukaannya, ada model polished atau yang mengkilap dan model unpolished dengan permukaan yang kasar atau warna matte. Biasanya model polished terpasang sebagai lantai interior untuk rumah, dan model unpolished digunakan pada ruangan luar area seperti teras sebab teksturnya serupa seperti batu alam.

Homogeneous tile tersedia dengan ukuran atau potongan yang lebih besar dibanding lantai keramik. Di pasaran, material ini dipasarkan dengan ukuran 60 x 60, 80 x 80, 100 x 100, sampai ukuran 120 x 120 yang terhitung lumayan langka.

Homogeneous tile kian digemari oleh masyarakat sebab lebih tahan pada lembab dan semakin gampang dibersihkan lantaran pori-porinya kian lebih sedikit dibanding lantai keramik. Disamping itu, penampilannya yang elegan memberi kesan yang semakin anggun serta menarik di interior ruang.

 

Baca juga : Harga Homogenous Tile

 

Semoga artikel bermanfaat ya, guys!