Duduk Lama Di Bus Pariwisata Bikin Pegal – Pegal, Hindari Dengan Tips Ini

duduk-lama-di-bus-pariwisata

Menuju ke suatu tempat dengan mengandalkan jasa sewa bus pariwisata itu berarti kamu akan ada di dalam bus untuk durasi waktu tertentu selama perjalanan berlangsung. Durasinya ini pun tergantung dari seberapa jauh jarak yang harus ditempuh dari titik kamu memulai perjalanan hingga sampai ke tujuan.

Berada di dalam bus, pasti kamu hanya akan duduk di bangku penumpang. Semakin jauh tujuanmu semakin lama juga kamu harus berdiam diri di atas bangku tersebut. Keadaan ini, dimana kamu dituntut untuk sabar dan berusaha menikmati perjalanan sering kali membuat tubuh kamu pegal – pegal.

Bisa dipastikan bahwa rasa pegal itu disebabkan kamu terlalu lama duduk. Apalagi jika kamu tidak bisa menyesuaikan diri dengan keadaan di dalam bus serta terhadap guncangan – guncangan akibat kondisi jalanan yang tak selalu rata.

Alhasil setelah beberapa jam kamu berada di dalam bus, perasaan kurang nyaman mulai melanda badan kamu.

Pada dasarnya untuk keadaan ini memang masih tergantung dari seperti apa kita mempersiapkan diri untuk perjalanan tersebut dan bagaimana kita mengkondisikan diri selama pejalanan.

Oleh sebab itulah kami sengaja menyusun tips menghindari rasa pegal saat duduk di dalam bus. Melalui tulisan ini kami berharap kamu bisa selalu nyaman saat bepergian menggunakan bus khususnya yang tergolong sebagai bus mania.

 

Tips Cegah Rasa Pegal Akibat Duduk Dalam Bus

Tips – tips yang akan kamu temukan di bawah ini pada dasarnya adalah cara bagaimana kamu seharusnya menyikapi perjalanan panjang yang melelahkan. Dengan demikian tubuhmu pun tidak akan terasa kaku apalagi sampai pegal linu.

Pastikan Tubuh Benar – Benar Fit Saat Akan Berangkat

Hal pertama dan paling utama yang perlu kamu perhatikan yaitu kondisi tubuhmu sendiri saat akan berangkat bepergian. Hanya dengan tubuh yang fit kamu bisa menghadapi segala situasi perjalanan.

Jika tubuh kamu benar – benar segar maka kamu sudah punya perlindungan dari efek samping berlama – lama duduk di dalam bus. Minimal badan kamu dengan sendirinya bisa bertahan ketika perjalanan mulai menguras energi.

Pastikan Tubuh Benar – Benar Fit Saat Akan Berangkat

Supaya bisa mendapatkan tubuh yang fit tentu banyak hal yang dapat kamu lakukan. Contohnya antara lain, ialah:

  • Olahraga teratur.

Olahraga sangat baik bagi kesehatan tubuh, terutama untuk mendongkrak limit stamina. Dengan olahraga teratur kamu akan mendapatkan tubuh yang selalu segar. Itu berarti tubuh kamu enak untuk diajak melakukan berbagai aktivias termasuk menempuh perjalanan jauh.

  • Mengkonsumsi makanan sehat.

Bagaimanapun juga apa yang kita makan berpengaruh langsung terhadap tubuh kita. Jadi terang saja untuk bisa mendapatkan badan yang bugar kita perlu mengkonsumsi makanan sehat. Cara mudahnya adalah dengan gemar makan buah – buahan dan sayur – sayuran segar.

  • Menjaga pola tidur.

Fungsi tidur adalah untuk mengistirahatkan tubuh sehingga dapat mengembalikan stamina tubuh. Namun itu tidak sembarangan, waktu istirahat ini harus berkualitas. Jadi pola tidur harus selalu terjaga.

  • Tidak beraktivitas secara berlebihan.

Melakukan aktivitas secara berlebihan akan membuat tubuh menderita. Akibatnya kebugaran pun menurun. Oleh karena itu perhatikan segala aktivitas yang kita kerjakan. Jangan sampai hal ini mencederai tubuh.

Kurang lebih begitulah cara mendapatkan tubuh yang fit. Ketika kamu menjadikannya sebagai kebiasaan maka kapan pun perjalanan berlangsung kamu sudah siap mengikutinya.

Sempurnakan Posisi Duduk di Bangku Bus

Posisi duduk yang sempurna adalah posisi yang membuat tubuh merasa nyaman dan dapat mencegah terjadinya kelainan postur tubuh.

Jelas sekali bahwa jika kamu tidak mau pegal – pegal saat duduk di dalam bus, kamu harus duduk dengan posisi yang benar. Dengan demikian maka tiap anggota tubuh dari mulai kaki hingga kepala akan terbebas dampak buruk kelamaan duduk selama perjalanan.

Sempurnakan Posisi Duduk di Bangku Bus

Baiklah, mari cari tahu sebetulnya posisi duduk sempurna itu seperti apa melalui penjelasan di bawah ini.

Menyempurnakan posisi duduk:

  • Duduklah di atas bantalan bangku dengan posisi bokong yang sejajar dengan garis tepi belakang bangku. Pastikan bagian tubuh itu ditempatkan hingga mentok di belakang dan pinggul pun menempel sandaran.
  • Kemudian bahu harus segaris lurus terhadap pinggul dan ketinggian masing – masing bahu sejajar. Duduklah secara tegap namun tetap rileks. Sesuaikan juga anatomi pinggang dengan menyandarkannya pada segmen lengkungan sandaran.
  • Posisi paha juga harus lurus ke depan. Semua bagian belakang paha sebaiknya menempel pada dudukan bangku. Dari pangkal paha sampai dengan lutut harus sejajar. Saat duduk di dalam bus, kamu bisa menyesuaikan sudut lutut yang terasa nyaman bagi tubuhmu.
  • Seimbangkan beban tubuh antara bagian kiri dan kanan. Beban tubuh yang seimbang ini ditandai dengan posisi punggung yang sudah benar – benar lurus.
  • Telapak kaki dianjurkan untuk berpijak secara sempurna. Jika kursi terlalu tinggi kamu boleh menyediakan sebuah ganjal sehingga bagian kaki dari lutut ke bawah tidak menggantung dan memberi beban pada sendi lutut. Bagian tersebut pun seyogyanya tidak diposisikan menyilang.
  • Hindari posisi membungkuk karena hal ini akan sangat membuat tubuh pegal – pegal sebab bagian atas tubuh akan membebani punggung.

Kamu dapat coba menerapkan poin – poin di atas agar cara kamu duduk di bangku bus membuatmu nyaman dan tidak merasa pegal.

Jika Kamu Ingin Tidur Sediakan Bantal Yang Memadai

Perjalanan dengan jarak tempuh yang lumayan jauh mungkin membuat kebanyakan kamu lebih memilih untuk memejamkan mata dan tidur. Meski tipe reclining seat memungkinkan kamu untuk mendapatkan posisi tubuh yang merebah namun disini tetap saja kamu sebenarnya hanya bisa tidur dengan posisi duduk.

Toh, tidak mungkin juga kamu merebahkan sandaran bangku hingga maksimal, mengingat di belakang kamu pasti ada penumpang lain.

Sandaran bangku bus memang cukup empuk dan nyaman, namun jika kamu memutuskan untuk menghabiskan perjalanan dengan tidur sebaiknya ada bantal yang memadai. Dengan begitu kamu bisa memanfaatkannya sebagai sandaran kepala

Jika Kamu Ingin Tidur Sediakan Bantal Yang Memadai

Minimal ada bantal leher yang bisa membantu tulang leher dalam menopang berat kepala. Bantal leher ini sendiri sangat besar perannya untuk menghindarkan kamu dari rasa pegal – pegal khususnya di bagian leher serta punggung atas.

Perlu diingat saat kamu tidur di dalam bus yang sedang berjalan ada kemungkinan kepala kamu yang disandarkan ke belakang akan tersentak dan membuat otot berikut sendi – sendi di leher terkejut. Keberadaan bantal yang mengganjal leher kamu ini dapat meminimalisir efek dari sentakan tersebut.

Secara Berkala Perbarui Posisi Duduk dan Lakukan Peregangan

Seperti kamu ketahui bahwa rasa pegal – pegal dari perjalanan bersama bus pariwisata muncul akibat terlalu lama duduk. Karena itu salah satu tips paling mutahir untuk mencegahnya adalah dengan tidak membiarkan tubuh berlama – lama diam dalam posisi tersebut.

Secara berkala minimal kamu harus memperbarui posisi duduk kamu. Nah, ketika melakukannya kamu bisa mengambil posisi berdiri terlebih dahulu.

Sementara itu ketika berdiri kamu pun dapat meregangkan setiap sendi di badan kamu baik dengan cara statis maupun dinamis. Peregangan ini utamanya perlu kamu lakukan untuk merelakskan kembali bagian punggung yang selama duduk menopang berat tubuh atas.

Secara Berkala Perbarui Posisi Duduk dan Lakukan Peregangan

Saat di dalam bus lakukan peregangan sekenanya saja mengingat tempat berdiri kamu terbatas. Asalkan tubuhmu sudah terasa lebih segar lagi kamu bisa kembali duduk.

Ingat posisi duduknya masih harus yang sempurna. Untuk acuan waktu kapan kamu harus memperbarui posisi duduk, sangat dianjurkan setiap 30 menit sekali. Durusi duduk selama setengah jam tersebut faktanya memang sudah cukup membuat tubuh terasa kaku.

Manfaatkan Waktu Istirahat Perjalanan Sebaik Mungkin

Perjalanan panjang dan memakan banyak waktu tak ayal perlu dilengkapi dengan jeda istirahat untuk sekedar menjaga peforma mesin serta kompenen bus lainnya. Jeda ini juga sekaligus memberikan waktu bagi penumpang untuk membeli makanan atau pergi ke toilet umum.

Nah, ketika bus sedang menepi dan kamu pun keluar untuk beristirahat, manjakan tubuhmu dengan memberikan pijatan – pijatan kecil pada setiap bagian.

Manfaatkan Waktu Istirahat Perjalanan Sebaik Mungkin

Jika ada cobalah cari tempat untuk berbaring agar tubuhmu bisa rehat dengan lebih maksimal.

Pasalnya pada posisi berbaring berat tubuh yang sebelumnya menekan secara vertical dan memusat pada bagian bokong berubah jadi menyebar secara merata. Dengan begitu sendi – sendi khususnya pada susunan tulang belakang punya kesempatan untuk kembali ke kondisi terbaik dengan sendirinya.

Sepertinya itu saja yang dapat kami bagikan kepada kamu soal tips cegah rasa pegal akibat duduk dalam bus. Jadi kamu boleh mencobanya supaya perjalananmu lebih menyenangkan.