Candi Borobudur, Destinasi Wisata Penuh Sejarah yang Wajib Dikunjungi

Candi Borobudur, Destinasi Wisata Penuh Sejarah yang Wajib Dikunjungi

Sebagai masyarakat Indonesia pasti kita semua sudah mengetahui tentang Candi Borobudur. Pada masa sekolah, kita juga sudah diajarkan tentang sejarah dalam pelajaran IPS atau sejarah.  Candi Borobudur tepatnya terletak di kota magelang, provinsi Jawa Tengah. Candi Borobudur ini merupakan monumen kuno yang kokoh dan terbesar di Indonesia, bahkan peninggalan budaya Buddha ini sudah diakui oleh UNESCO sabagai warisan dunia.

Keagungan Candi Borobudur Diakui Dunia

Kemegahan candi yang dibangun oleh Raja Syailendra ini pernah masuk dalam 8 keajaiban dunia ini memiliki enam teras dan latar yang berbentuk melingkar. Candi Borobudur juga memiliki relief yang sangat indah, lengkap dengan stupa yang berdiri kokoh diatas bangunan tersebut. Penemuan terbesar ini mampu memikat para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri untuk menikmati keindahanya. Dari Indonesia sendiri, beberapa orang di berbagai kota juga senang berlibur ke Borobudur karena bisa belajar sejarah. Termasuk warga dari Jakarta karena harga sewa Liputanbuspariwisata.com tergolong murah. Sampai sekarang, Candi yang dijaga kelestariannya oleh pemerintahan Indonesia ini, tetap mempunyai banyak wisatawan.

Selain Tempat Wisata, Candi Borobudur Menjadi Tempat Ibadah

Candi Borobudur adalah bangunan yang mempunyai fungsi sebagai tempat ibadah untuk memuja Sang Pencipta, selain itu juga digunakan sebagai ziarah dan bertujuan membimbing manusia supaya menjauh dari hawa nafsu dunia seperti kepercayaan agama Buddha. Perjalanan spiritual akan diawali dari pintu masuk setelah itu dimulai dengan ritual – ritual, sambil berjalan mengelilingi Candi tersebut.

Meskipun candi Borobudur pernah terlupakan pada abad ke – 14, dengan masuknya agama Islam di Indonesia membuat masyarakat berpindah keyakinan. Tapi tidak bisa dielakkan bahwa patung budha yang ada di candi Borobudur menjadi satu-satunya monument budha terbesar di dunia yang pernah dibangun di tahun 770 – 825 Masehi.

Sekitar tahun 1547 gunung merapi meletus dan membuat Candi dengan struktur piramida berunduk ini semakin ditinggalkan. Lalu pada saat penjajahan Inggris kira – kira tahun 1814, Sir Thomas Stamford Raffles sebagai letnan Gubernur Jawa dan juga pemimpin penemuan bunga rafflesia ini menemukan Candi Borobudur yang masih tertutup oleh abu vulkanik.

Setelah dilakukan banyak pemugaran akibat terkubur beberapa tahun, candi Borobudur menjadi salah satu obyek wisata yang diminati seluruh warga masyarakat Indonesia bahkan dunia termasuk warga Ibu kota dengan memanfaatkan harga sewa bus pariwisata Jakarta yang terjangkau agar budget perjalanan lebih bisa ditekan lagi.