Tempat Wisata Hemat di Jogjakarta

Tempat Wisata Hemat di Jogjakarta

Selalu ada sesuatu di Jogja, begitulah kata orang-orang yang sudah pernah datang mengunjungi kota pelajar ini. Selain kulinernya yang nikmat dan murah, kota Jogja merupakan salah satu tempat paling bersejarah di Indonesia. Untuk mengenang sejarah dan peninggalannya, maka dibukalah tempat wisata dimana para pengunjung dapat bertamasya sambil mengenang sejarah bangsa Indonesia. Tetapi kadang kita masih memikirkan pengeluaran saat pergi berlibur, apalagi untuk para karyawan dengan gaji 5 koma – tanggal 5 sudah koma.

Tenang saja,  kabar gembira datang  lain bagi penggemar liburan dengan budget minim. Pengunjung bisa berlibur dan mengunjungi beragam tempat wisata hemat, tapi tetap mendapatkan kesan yang tak terlupakan, lho! Ada wisata kuliner yang murah tapi tidak murahan, spot Instagram-able, hingga peninggalan sejarah ikonik yang dapat anda kunjungi tanpa harus menguras kantong atau tabungan.

Sudah penasaran? Yuk kita simak tempat-tempat wisata hemat di Daerah Istimewa Yogyakarta yang tidak kalah keren dengan tempat wisata mahal!

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah  salah satu candi budha terbesar dan tertua di dunia yang berada di Indonesia. Memang terlihat biasa saja, namun Candi Borobudur ini adalah femomena yang luar biasa. Artitektur Candi Borobudur yang megah, relief dinding candi yang unik dan artistic, dan asal mula Candi  Borobudur membuat candi ini masuk menjadi salah satu tujuh kejaiban dunia beberapa tahun silam – ditetapkan langsung oleh UNESCO. Pengunjung dapat berlibur sambil mempelajari sejarah Indonesia di tempat wisata hemat ini. Harga tiker masuk Candi Borobudur adalah sebesar Rp 10.000 untuk satu orang saja.

2. Keraton Jogja

Keraton Jogja, sering juga disebut sebagai Keraton Ngayogyakarta, merupakan kerajaan terakhir yang berjaya di tanah jawa. Hingga saat ini, keraton Jogja masih mencatat budaya dan sejarah yang mengagumkan. Istana Jogja juga  merepresentasikan budaya jawa, bisa dilihat ketika anda masuk ke dalam Keraton, pengunjung sudah disambut dengan pergelaran tari-tari jawa tentang berbagai sejarah. Tarian-tarian ini dipentaskan oleh penari yang mahir dan mampu memukau pengunjung terbawa suasana sakral yang  menghipnotis dan mengagumkan. Tiket masuk ke Kearaton Jogja ini juga sangat terjangkau yaitu Rp 10.000 saja! Ayo, dimana lagi anda dapat menemukan tempat wisata hemat sehemat Keraton Jogjakarta!

3. Wisata Hemat di Jalan Malioboro

Siapa yang tidak kenal dengan Jalan Malioboro? Yupp, Jalan Malioboro merukapan jantung kota Jogjakarta. Disana terdapat banyak sekali produk lokal yang ditawarkan oleh para pedagang. Tentu saja produk-produk ini kualitasnya tidak kalah dengan produk impor. Pengunjung dapat menemukan penjual batik, penjual souvenir khas Jogja, penjual bakpia, sampai penjual furniture rumah tangga. Harganya? Tidak perlu ditanyakan lagi, karena Jalan Malioboro tidak memungut biaya tiket masuk alias gratis! Mungkin Jalan Malioboro bisa dinominasikan sebagai tempat wisata paling hemat sedunia, nih.

4. Goa Kalisuci

Di Goa Kalisuci ini pengunjung akan diajak memutari goa dengan pelampung super tebal. Dengan menyusuri danau tersembunyi, pengunjung juga bisa menikmati keindahan tersembunyi Goa Kalisuci. Tentunya pengunjung akan ditemani oleh para ahli keselamatan selama menyusuri Goa Kalisuci ini. Untuk menikmari pemandangan indah ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp 75.000, sudah termasuk perlengkapan keselamatan sepeti ban pelampung, pelampung jaket, dan help.

Jika anda berkunjung ke Jogja, jangan lupa untuk berkunjung ke salah satu tempat-tempat wisata hemat diatas! Liburan keluarga berkualitas tak perlu mahal, hanya perlu berkesan.