Punya Printer Sendiri di Rumah? Pasti Pernah Mengalami Masalah Ini Pada Printer!

Punya Printer Sendiri di Rumah? Pasti Pernah Mengalami Masalah Ini Pada Printer!

Memiliki printer sendiri di rumah pasti menyenangkan karena kamu tidak perlu susah-susah mencari penyedia jasa print. Selain itu, kamu juga tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk membayar harga print warna per lembar yang mahal. Tapi, selalu saja ada masalah yang terjadi pada printer sehingga mengganggu proses dan hasil cetaknya. Meskipun membenahinya tidak terlalu sulit, tapi kalau masalah pada mesin printer selalu terjadi saat hendak ngeprint ya lama-lama menyebalkan juga. Ya, kan?

Tidak Perlu Pakai Jasa Print, Tapi Ini 5 Masalah yang Sering Dihadapi Pemilik Printer

Punya Printer Sendiri di Rumah? Pasti Pernah Mengalami Masalah Ini Pada Printer!

Perangkat keras yang satu ini memang dikenal sering bermasalah. Bahkan meskipun sudah dirawat sedemikian rupa, tetap saja masalah printer kerap menghantui para pemilik printer. Sudah buru-buru mau cetak dokumen, eh ternyata printer bermasalah. Buat kamu yang akan beli atau sudah punya mesin printer, inilah 5 masalah yang siap menghampiri printer kamu!

1. Kertas Tersangkut Dalam Printer

Sebelum proses ngeprint, pasti sudah disiapkan beberapa lembar kertas sesuai dengan kebutuhan dokumen. Masalahnya, begitu proses printing berjalan, ada kertas yang nyangkut di dalam printer. Hal ini bisa saja terjadi kalau ada bagian kertas yang terlipat atau printer sedang dalam keadaan tidak fit.

2. Printer Lambat Merespon Perintah Cetak

Biasanya pengaturan printing sudah dilakukan dan komputer siap memberikan perintah pada mesin printer. Bukannya segera mencetak, printer malah lambat meresponnya. Kadang-kadang terdengar suara mesin printer yang sedang berputar berkali-kali.

3. Proses Cetak Terlalu Lama

Saat printer berhasil merespon perintah cetak, sayangnya proses cetaknya lama. Ini terjadi jika pengguna ngeprint gambar penuh warna dengan kualitas yang tinggi. Apalagi jika mesin pewarnaannya memang lagi rusak, pasti akan lebih lama lagi. Ya, kalau untuk cetak banyak sih tidak masalah, lumayan bisa hemat dengan tidak bayar harga print warna per lembar.

4. Hasilnya Bergaris dan Putus-putus

Pemilik printer pasti tidak asing dengan masalah yang satu ini. Hasil cetak jadi tidak sempurna karena memiliki motif garis yang tidak diinginkan dan putus-putus. Cara benahinya bisa dengan head cleaning pada mesin printer.

5. Tinta Meluber

Harga jasa print warna A4 cukup mahal. Ini yang menjadi alasan pemilik printer tetap mencoba ngeprint warna meskipun seringkali tintanya meluber. Untuk mengatasinya, kamu bisa membawanya ke jasa servis printer profesional.