Mari Bedakan Jenis Bus Pariwisata Terbaru di Indonesia


Bus memang menjadi pilihan alat transportasi darat untuk berwisata dengan kapasitas banyak dan tujuan jauh sekalipun. Adanya  perkembangan zaman, transportasi terus mengalami kemajuan dengan berbagai inovasi yang dilakukan Karoseri. Beberapa jenis bus pariwisata di kategorikan menjadi beberapa tipe seperti desain, kapasitas, dan penggunaanya.

Membedakan Jenis Bus Pariwisata

Dengan adanya jenis bus yang ber macam – macam, membuat kita bingung untuk membedakanya. Terlebih lagi bus yang memiliki lantai bertingkat  yang sekarang menjadi incaran perusahaan otobus untuk bisa disewakan pada kelas menengah hingga kelas atas. Untuk bus dengan jenis bus High Deck (HD) baik itu model SHD (single high decker) maupun DD (Double Deck) perbedaan Jenis bus pariwisata tersebut terletak pada interior dan ukuranya, bus ini bisa kita bedakan diantaranya:

1. Bus high deck

Bus high deck

Bus ini memiliki lantai tinggi yang biasa disebut high deck, mempunyai ketinggian antara 3, 85 samapi 3,9 meter lebih tinggi dari bus non HD. Sehingga membuat bus ini terlihat tinggi dan banyak space yang berada dibawah kabin penumpang. Biasanya dimanfaatkan sebagai bagasi yang super lapang mampu menampung hingg 5 buah sepeda motor yang bisa diangkut sekaligus ke dalam bus jenis ini.

2. Bus super high deck (SHD)

Bus super high deck (SHD)

Bus single high decker yang dipelopori oleh karoseri Nusantara Gemilang  dimana perusahaan otobus yang  baru terjun ke dunia otomotif. Dengan produk mereka yaitu Maxi Miracle single high Decker, yang kemudian digunakan oleh Po Primadona. Perusahaan yang pertama kali mengperasikan bus Single High – Decker untuk trayek reguler sebanyak 4 unit buatan dari karoseri Nusantara Gemilang.  Yang kemudian diiukti oleh karoseri lainnya, namun yang paling laris adalah buatan dari karoseri Adi Putro. Dengan mesin yang digunakan yaitu Mercedes Benz yang memiliki tinggi 20 Cm lebih tinggi dari bus HD serta bagasi yang luas mampu menampung semua barang penumpang.

Baca: 3 TEMPAT WISATA DI JOGJA INI SUKSES MEMIKAT WARGANET

3. Bus hi deck dengan double glass (SHD)

Tidak berbeda jauh dari bus SHD, berbedaan yang tidak teralu menonjol pada jenis bus ini. Bagian kabin dek yang lebih tinggi sehingga membuat penumpang lebih luasa, dan tinggi yang dimiliki juga sama dengan SHD. Untuk mesin bus HDD menggunakan varian keluaran terbaru  dari mercedes Benz dan Hino. Pada bagian grill, bus HDD memiliki jumlah grill bagian belakang yang lebih sedikit dari bus SHD.

4. Bus double decker

Bus double decker

Bus double decker yaitu bus yang lebih dikenal dengan bus tingkat, menjadi bus pujaan para busmania ini tentunya pasar yang bagus bagi para perusahaan dan karoseri. Bus dengan mesin mercedes Benz ini menjadi jenis bus termahal untuk saat ini bahkan harganya bisa mencapai milyaran.  Kapasitas angkut yang dimiliki hingga 250 ton, kemudi sudah power stering ditambah lagi dengan electronic stability program (ESP) Serta kestabilan dan keakuratan kemudi saat sedang berjalan sudah serba otomatis. Bus ini hanya memiliki kursi 44 orang, sangat memanjakan bagi para penumpangnya.

5. Bus Ultra high Decker

Bus Ultra high Decker

Jenis bus ini memiliki ketinggian mencapai 4 meter dari permukaan tanah, dengan tinggi bagasi 1,8 meter. Bus keluaran terbaru di tahun 2018 ini menjadi sorotan para penggemar bus yang ikut serta dalam pameran GIIAS.  Mesin yang dibangun diatas chasis premium Mercedes Benz dengan turbo berkapasitas 11.967 cc, serta ruang bagasi yang sangat luas. Bagian kursi supir juga dibuat rendah supaya memudahkan akses naik bagian depan dan untuk pintu tengah dibantu dengan tangga.