Menyusuri Wisata Museum Kereta Api Ambarawa di Jawa Tengah

Wisata Museum Kereta Api Ambarawa

Tempat wisata di Jawa Tengah memang memiliki pesona yang beragam dan tidak pernah ada habisnya. Mulai dari wisata alam yang menyuguhkan pemandangan pantai yang indah, atau gunung yang menawan. Ditambah dengan peninggalan bersejarah sejak jaman penjajahan Belanda hingga Jepang. Semua menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satunya wisata tua yang berkaitan dengan kendaraan atau kereta api yang pernah ada di Indonesia.

Bagi yang ingin jalan-jalan, anda mungkin penasaran. Langsung saja kita bahas berikut ini.

Tempat Wisata di Jawa Tengah, Museum Ambarawa

Museum Ambarawa merupakan salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi masyarakat di Jawa Tengah, dan Indonesia. Museum ini menceritakan mengenai bagaimana kereta api Indonesia berkembang sejak jaman penjajahan. Wisata ini tentu diminati oleh banyak keluarga, terutama anak-anak. Hanya bermodalkan biaya cukup murah, anda bisa masuk dan melihat kereta api uap secara langsung.

Sejarah Museum Kereta Api Ambarawa

Tahun 1970 merupakan tahun yang berat untuk perusahaan Kereta Api Indonesia, dimana lokomotif uap yang sudah tua dihancurkan, dipindahtangankan dan menjadi rongsong. Apalagi saat tahun 1972 terjadi banjir lahar pascaerupsi Gunung Merapi, sehingga jalur ke Magelang tertutup. Adanya kejadian ini menjadikan Indonesia berhenti menggunakan lokomotif uap yang dulunya menjadi primadona masyarakat di Jawa Tengah.

Namun tahun 1976, Gubernur Jawa Tengah yang sedang menjabat pada waktut ersebut dan Kepala PJKA memutuskan untuk mengubah stasiun Ambarawa menjadi sebuah museum yang akhirnya dapat dinikmati hingga sekarang. Pada tahun 1978, akhirnya Museum Kereta Api Ambarawa menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Tengah secara resmi dan memperkenalkannya kepada masyarakat. Pemugaran dan penambahan fasilitas masih dilakukan hingga saat ini.

Jadwal Kereta Wisata Ambarawa di Museum

1. Ambarawa – Tuntang 

Apabila anda tertarik untuk datang atau bahkan mencoba Kereta Api Uap yang ada di museum tersebut, hal tersebut bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Kereta Api Ambarawa menyediakan kereta program wisata yaitu kereta jadul mesin diesel. Kereta ini beroperasi setiap hari dan bisa dikunjungi saat wisata. Pengelola museum memberikan keputusan untuk membuka jadwal kereta api dengan rute Ambarawa-Tuntang dengan harga tiket, 60 ribu per orang. Panorama yang diberikan yaitu pemandangan Danau Rawa Pening.

2. Ambarawa – Bendono

Wisata kedua yang dapat dilakukan dengan kereta uap melalui medan perbukitan. Apabila ingin menikmati layanan ini, para pengunjung harus mengeluarkan kocek lebih besar dengan menyewa gerbong ataupun lokomotifnya. Sehingga trip ini dilakukan untuk keluarga besar, reuni, kantor dan sejenisnya. Anda juga bisa memilih kereta yang digunakan baik kereta uap ataupun kereta diesel. Rutenya dapat dipilih, baik Ambarawa – Bendono ataupun Ambarawa – Tutnang.

Baca Juga : Yuk Intip 13 Tempat Wisata di Cilacap yang Menarik dan Kekinian

Biaya yang dikeluarkan untuk penyewaan gerbong adalah 250.000/orang ataupun 10 juta per gerbong. Namun pemesanan harus dilakukan dengan minimal 40 orang. Sehingga, jika dibawah kapasitas yang ditentukan maka kereta tidak dapat digunakan. Tempat wisata di Jawa Tengah ini tetap menjadi favorit walaupun harganya lebih mahal dibanding tipe wisata lain.

Fasilitas dan Aktivitas Wisata

Lantas apa yang dilakukan dengan tempat wisata di Jawa Tengah ini ? berbagai fasilitas ditawarkan oleh pihak museum, mulai dari banyaknya kereta lokomotif uap, benda atik dan juga wisata edukasi tur perjalanan wisata. Semua bertemakan kerea api Indonesia dan dilakukan dengan keluarga serta teman-teman lainnya. Wisata tersebut menjadi salah satu area instagramable yang dimanfaatkan anak muda saat berkunjung ke Museum.