Cara Mengecek Backlink Website Sesuai Dengan Tools yang Digunakan

Cara Mengecek Backlink Website

Istilah backlink dalam dunia blogger saat ini tidaklah asing,  di mana backlink sendiri merupakan link referensi penelusuran yang tertera di website lain, baik milik pribadi ataupun orang lain. Backlink menjadi salah satu faktor penting dalam dunia website, di mana banyaknya backlink yang ada dalam website bisa mempengaruhi tingginya traffic website seseorang. Oleh sebab itu, seseorang harus mengetahui cara cek backlink website untuk melihat kualitas dari sumber baclink tersebut.

Cara Cek Backlink Website

Untuk memudahkan seseorang dalam melihat jumlah backlink yang dimiliki, serta mengecek kualitasnya, ada beberapa situs pendukung yang bisa menjadi alat pengecekan yang akurat. Situs tersebut ada yang berbayar ataupun gratisan, dan semuanya sama-sama patut untuk dicoba.

Menggunakan Tools Gratis

Cara cek backlink website pertama yang paling banyak dicari adalah menggunakan situs gratis yang bisa ditemukan dengan mudah di google. Berikut adalah situs gratis serta cara penggunaannya.

1. Ranksignal

Cara Mengecek Backlink Website

Walaupun ranksignal tidak bisa melalakukan pengecekan semua backlink, namun cara pengaplikasian yang mudah serta gratis membuat peminatnya tidak berkurang. Untuk menggunakan ranksignal seseorang bisa masuk langsung ke situs resmi ranksignal tools. Pada situs tersebut, akan langsung disediakan kolom yang bisa diisi dengan domain website yang ingin dicek, lalu telusuri link dengan mengklik tombol hitam yang bertuliskan explore link

2. Alexa

Cara Mengecek Backlink Website

Alexa rank merupakan tools gratis yang memberikan informasi backlink lebih lengkap dibanding ranksignal. Di mana Alexa tidak hanya bisa melihat jumlah baclink dan rankingnya, melainkan bisa untuk melihat keyword yang paling banyak dicari dalam website seseorang, serta saingan dari website yang dimiliki. Cara penggunaannya cukup mudah, pertama masuk ke halaman alexa rank, yang mana di sana sudah tertera kolom untuk diisi website yang ingin dicek, lalu klik tombol run analys.

Menggunakan Tools Berbayar

Walaupun sudah banyak situs gratisan, namun tools berbayar untuk cek backlink tetap diminati karena berbagai kelebihan yang bisa dinikmati pemiliknya. Berikut adalah beberapa tools berbayar lengkap dengan cara cek backlink website.

1. Semrush

Cara Mengecek Backlink Website

Walaupun berbayar, namun menggunakan tools semrush tidaklah mengecewakan, karena data yang dihasilkan sangat akurat. Selain itu situs ini mendukung seseorang untuk melihat backlink kompetitor, tentunya pengguna harus berlangganan terlebih dulu.

Simak Juga : 4 Jenis Backlink SEO untuk Optimasi Blog

Cara penggunaannya cukup mudah, anda bisa mendaftarkan akun terlebih dahulu, dengan memasukkan email dan password.  Setelah memiliki akun, anda bisa masuk dan langsung berada di beranda, di sana sudah tertera banyak menu dan sebuah kolom untuk melakukan pengecekan website.

2. Ahrefs

Cara Mengecek Backlink Website

Sama dengan tools berbayar lainnya, untuk menggunakan ahrefs, seseorang harus melakukan registrasi dulu dengan mengisi email dan password. Walapun berbayar, ahrefs menyediakan waktu untuk mencoba aplikasi maksimal 7 hari. Setelah memiliki akun, anda bisa masuk ke beranda, dan melakukan cek backlink pada kolom yang tersedia.

Menggunakan Websmaster

Selain menggunakan beberapa tools yang ada, anda juga bisa  melihat jumlah backlink melalui webmaster tools. Caranya adalah dengan masuk langsung ke halaman search console, lalu masukkan url yang ingin dicek pada kolom. Di beranda sebelah kiri pilih menu lalu lintas penelusuran- tautan ke situs anda, kemudian jumlah backlink yang anda miliki pun sudah tertera di sana.

Demikianlah beberapa cara yang bisa dicoba bagi anda yang ingin melakukan pengecekan backlink, baik untuk mengetahui jumlah backlink, pesaing, atau bahkan analisis baclink yang lebih mendalam. Cara cek backlink website ini sangat mudah dipraktekkan, dan akan sangat membantu anda dalam meningkatkan traffic website di google.