Berikut Rekomendasi Makanan Khas Melayu

Makanan Khas Melayu

Indonesia termasuk juga negara yang bukan hanya kaya akan tempat wisata alamnya dan juga kaya akan citarasa kuliner dari bermacam wilayah. Hal itu membuat pelancong luar negeri atau domestik, sering memburu oleh-oleh makanan khas saat liburan ke wilayah spesifik. Dari demikian banyak tipe makanan yang ada, makanan khas Melayu yang dapat ditemui di wilayah Riau atau Sumatera termasuk juga pilihan makanan yang jangan ditinggalkan.

 

Bolu kemojo

Sepintas bolu ini tidak ada perbedaannya dengan bolu kukus yang dipasarkan di kota lain. Namun bolu ini jadi makin terkenal saat pemilik resep original bolu kemojo ini buka gerai bolu kemojo pada tahun 2000. Bolu kemojo sendiri dipandang lumayan khas sebab citarasa pandan yang lumayan kental serta kelembutan bolu yang mampu langsung berasa lumer di lidah.

 

Kue Asidah

Kue asidah dipandang seperti diantara kue yang menonjolkan citarasa masakan Melayu. Kue ini dibikin dari kombinasi cengkeh, kayu manis, serta daun pandan. Sesudah dikukus kurang lebih 20 menit, hasil jadi kue mampu berasa lembut serta manis di mulut. Kue asidah biasanya diberikan untuk makanan pembuka serta diantara kekhasan penyajiannya ialah diberikan dengan bawang goreng.

Kue Bangkit

Bila Kamu menderngar nama kue ini, kemungkinan yang terbersit di pikiran Kamu ialah nama kue yang diibaratkan dengan nama pembuatnya. pada faktanya, kue ini dikatakan sebagai kue bangkit sebab sesudah dikeluarkan dari oven, kue ini mampu mempunyai ukuran 2x lipat lebih besar dari adonan awalannya. Dibuat dari adonan telur, tepung terigu, serta mentega pilihan, kue bangkit ini pas temani acara kumpul keluarga atau dibuat oleh-oleh. Penampilan kue bangkit sendiri di rasa benar-benar membangkitkan hasrat sebab kue yang berwarna putih layaknya salju dihias noktah merah diatasnya. Saat dikunyah, struktur kue yang lembut mampu membuat Kamu tidak perlu waktu lama untuk menelannya.

 

Cencalok

Cencalok termasuk juga makanan khas asal Melayu yang memiliki kandungan protein tinggi sekali. Cencalok dibuat berbahan fundamen udang memiliki ukuran kecil yang difermentasi. Proses pengerjaan cencalok sendiri memerlukan waktu yang lumayan lama, pertama-tama udang akan langsung dibersihkan cangkang serta diaduk dengan garam kasar. Kombinasi udang serta garam ini dimasukkan dalam wadah tembikar yang ditutup kain kasa tebal sepanjang 20-30 hari. Sesudah usai difermentasi, cencalok siap disajikan berbarengan nasi hangat serta digabung di dalam sambal bawang atau sambal matah.

Es Laksamana Mengamuk

Es Laksamana Mengamuk diilhami dari narasi rakyat zaman dulu yang berkembang dalam adat istiadat warga Melayu. Bahan penting dari es ini ialah buah kuni yang awalannya tidak banyak digunakan oleh warga sekitar. Tetapi saat ada seorang laksamana yang mengamuk serta menebas semua buah kuni yang berada di pohon-pohon memakai pedang, warga sekitar coba manfaatkan buah kuni itu jadi sajian yang wajar untuk dikonsumsi. Sampai sekarang ini, buah kuni disediakan dengan air santan serta gula merah untuk sajian berbuka puasa.

Mie sagu

Mie sagu termasuk makanan khas Melayu serta yang memperbedakan olahan mie sagu ini dengan wilayah lain ialah penambahan elemen ikan teri, daun kuncai, serta tauge didalamnya. Mie sagu ini termasuk juga oleh-oleh yang seringkali dibawa pelancong pulang ke tempat tinggal asal sebab citarasa gurih manis yang dikasih. Dari sisi kesehatan, mie sagu ini diklaim benar-benar pas untuk penyembuhan serta penuhi nutrisi pasien pasien diabetes.

Air Mata Pengantin

Bila Kamu dengar air mata pengantin, Kamu tidak mesti cemas dengan bahan yang ada didalamnya, sebab makanan yang ini tidak dibikin dari air mata seorang pengantin pada malam pertamanya. Air mata pengantin adalah es yang dibuat dari bermacam supaya warna-warni diperlengkapi dengan nata de coco, blewah, serta biji selasih. Es ini berasa makin nikmat waktu disajikan pada musim panas dengan sajian lain, seperti kue asidah.

 

Sup tunjang

Saat Kamu bertandang ke kota Batam atau Riau pasti tradisi Melayu akan terasa sangat serta di sini Kamu dapat nikmati diantara sajian khas disaat musim dingin yakni sup Tunjang. Sup yang ini sepintas nampak seperti sop buntut, yang memperbedakan menu ini dengan sup buntut ialah elemen penambahan yang diberikan di dalam sup selain sumsum sapi. Sup tunjang dibikin dari bermacam bahan rempah, seperti cengkeh, kayu manis, jahe, bawang putih, serta bawang merah. Citarasa gurih manis yang dikasih sup ini dapat menolong mengembalikan stamina Kamu yang telah turun sesudah sepanjang hari kerja.

 

Dari bermacam tipe kuliner di atas, sebetulnya masih banyak kuliner lain yang dapat di nikmati saat Kamu bertandang ke wilayah yang masih tetap kental dengan budaya Melayu, seperti bacah daging, gulai siput, mie lendir, mie tarempa, serta lopek bugi, Akan tetapi, waktu Kamu ingin bawa bermacam makanan itu untuk oleh-oleh di kampung halaman, akan lebih bagus bila Kamu memerhatikan beberapa faktor berikut.

a. Ketahanan makanan disaksikan dari langkah pengepakan produk

Hal pertama yang mesti disaksikan ialah ketahanan makanan yang akan Kamu bawa serta pulang ke kampung halaman. Waktu ingin beli oleh-oleh, tekankan Kamu menanyakan ketahanan makanan supaya makanan yang dibawa dapat di nikmati keluarga di kampung halaman dengan situasi enak serta sesuai dengan citarasa aslinya.

b. Area membeli oleh-oleh

Bila Kamu ingin beli makanan spesifik dengan citarasa Melayu untuk oleh-oleh, tidak ada salahnya ketahui area beli oleh-oleh terlebih dulu. Dengan ketahui area beli oleh-oleh itu, Kamu dapat memprediksi anggaran dana yang diperlukan untuk beli oleh-oleh serta kualitas barang yang dipasarkan.

c. Tipe oleh-oleh

Kamu mesti tahu jika sekarang ini lumayan banyak makanan khas Melayu yang dapat dibawa pulang ke kampung halaman, tetapi sebelum beli tekankan anggota keluarga Kamu menyenangi oleh-oleh itu.

 

Baca juga : Makanan Khas Melayu

 

Itu dia beberapa makanan khas Melayu. Selamat mencoba guys!