Nikmati Beragam Fungsi dan Kemudahan Menggunakan Google Webmaster dengan Cara Berikut

Beragam Fungsi Menggunakan Google Webmaster

Untuk memudahkan penggunanya dalam mengaplikasikan semua program yang dimiliki, google menciptakan banyak alat bantu bagi penggunanya. Salah satunya adalah google webmasters tools, yang bagi orang awam tentu sangat asing didengar. Namun alat ini sudah terkenal di kalangan blogger karena peran besarnya dalam sebuah blog, serta cara menggunakannya yang sangat mudah.

Manfaat Google Webmaster

Beragam Fungsi Menggunakan Google Webmaster

Ada banyak manfaat yang dimiliki dari google webmaster, namun manfaat ini tidak akan maksimal jika kita tidak tahu cara menggunakan google webmaster tools yang benar. Webmaster sendiri berperan dalam memaksimalkan sebuah website ataupun blog. Selain itu, ada beragam manfaat lain yang sangat dibutuhkan blogger, diantaranya:

1. Mendaftarkan situs website dalam indeks pencarian google, di mana jika halaman artikel yang diposting tidak terdaftar, google tidak akan menampilkan artikel dalam mesin pencarian.

2. Membantu blogger dalam melakukan analisa terhadap kata kunci yang cocok dalam situsnya.

3. Membantu blogger dalam menganalisa jumlah backlink dalam website yang dimiliki.

4. Meningkatkan peringkat situs website

5. Mendeteksi beberapa malware yang membahayakan dalam situs seseorang

Cara Menggunakan Google Webmaster Tools

Untuk menikmati beragam kemudahan dari google webmaster, langkah pertama tentu harus mendaftarkan akun terlebih dahulu, dengan mengisi kolom email dan password. Setelah proses pendaftaran selesai, barulah seseorang bisa menggunakan webmaster sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya. Berikut adalah cara menggunakan google webmaster tools sesuai kebutuhan blogger

1. Cara Mendaftarkan Website ke Google

Beragam Fungsi Menggunakan Google Webmaster

Setelah seseorang login menggunakan akun yang sudah dimiliki, maka cara mendaftarkan website tersebut adalah dengan mengklik tombol di pojok kiri atas, dan pilih menu add property. Pada kolom yang tersedia, masukkan alamat website yang ingin didaftarkan dan klik tombol continue, lalu lakukan verifikasi.

2. Melakukan Analisa Kata Kunci Website

Untuk melakukan analisa terhadap kata kunci website yang dimiliki dengan webmaster adalah dengan login menggunakan akun yang sudah terdaftar. Selanjutnya pada menu yang ada di sebelah kiri layar klik search traffic, dan pilih bagian pertama yakni search analytics. Dan anda akan langsung diarahkan pada analisis kata kunci dalam situs yang anda miliki, terkait juga dengan peringkat, ataupun pilihan kata kunci yang terbaik.

3. Menganalisa Jumlah Backlink

Analisa backlink merupakan hal penting yang tidak luput dari aktivitas blogger untuk menentukan seberapa banyak dan berkualitas backlink yang ada dalam websitenya. Untuk melakukan analisa backlink, seseorang bisa langsung masuk ke halaman webmaster, lalu masukkan url yang ingin dicek pada kolom yang tersedia. Pada deretan menu sebelah kiri, pilih search traffic, dan klik pilihan link to your site.

Simak Juga : Cara Memunculkan IDM di Youtube Yang Hilang Tiba-tiba

4. Meningkatkan Peringkat Situs

Untuk meningkatkan peringkat situs yang dimiliki, seseorang cukup menggunakan webmaster secara rutin. Setiap kali menulis sebuah artikel, maka jangan lupa untuk mendaftarkan url artikel tersebut pada webmaster. Semakin banyak dan sering artikel diindeks google, maka peringkat situs yang dimiliki akan semakin tinggi.

5. Mendeteksi Malware

Beragam Fungsi Menggunakan Google Webmaster

Untuk mendeteksi adanya malware dalam sebuah website, anda cukup masuk ke akun webmaster yang sudah dimiliki. Secara otomatis, pada bagian dashboard google webmaster akan  mendeteksi malware yang ada dalam url anda dengan pemberitahuan berupa tanda seru berwarna merah. Untuk mengetahui lebih detail, anda bisa mengklik alamat yang diberi tanda seru tersebut.

Demikianlah beragam fungsi, serta manfaat yang akan dirasakan oleh seorang blogger dalam mengelola blognya menggunakan google webmaster. Beberapa cara menggunakan google webmaster tools yang dijelaskan di atas, bisa langsung di praktikkan sebagai alat bantu bagi seseorang dalam memaksimalkan blog ataupun website yang dimiliki.