Selain Helm, Berikut 4 Atribut Keselamatan Kerja yang Tak Boleh Terlewatkan

Atribut Keselamatan Kerja

Atribut keselamatan kerja berkaitan erat dengan para pekerja pabrik maupun industri. Saat bekerja mereka diwajibkan memakai alat pelindung diri (APD) sebagai bentuk implementasi dari prosedur K3. Sayangnya, meski Keselamatan Kesehatan Kerja atau K3 telah diatur dalam undang-undang, di luar sana masih banyak orang yang lalai tentang keselamatan kerjanya. Beberapa abai dan tak mengenakan atribut lengkap. Seperti hanya mengenakan helm atau sepatu saja.

4 Atribut Keselamatan Kerja

Guna meminimalisir risiko kecelakaan di tempat kerja, atribut keselamatan kerja harus dipakai lengkap mulai dari kepala hingga kaki. Helm keselamatan, pelindung wajah, kacamata pengaman, baju pelindung, dan sepatu boots, sebenarnya wajib dipakai selama bekerja. Namun, entah karena kurangnya kesadaran atau imbauan dari atasan, masih ada pekerja industri yang abai akan pentingnya atribut tersebut.

Dimulai dari helm keselamatan, atribut ini berperan penting dalam melindungi kepala dari benturan dan risiko kecelakaan lainnya, seperti tertimpa benda berat, radiasi panas, dan percikan bahan kimia. Selanjutnya pelindung wajah yang digunakan untuk melindungi wajah dari kemungkinan terkena percikan api maupun partikel lain yang berbahaya.

Ketiga, kacamata pengaman. Fungsinya hampir sama dengan pelindung wajah. Hanya saja atribut ini digunakan untuk melindungi mata. Sayangnya kedua atribut ini hanya dipakai pekerja di saat tertentu. Padahal kondisi di lingkungan kerja tidak menentu. Banyak alat berat seperti bar bender dan bar cutter yang sangat membahayakan jika pekerja tidak fokus (lalai) saat menggunakannya.

Beruntung jika ‘hanya’ menyebabkan kerusakan pada alat, lantas bagaimana jika menghilangkan nyawa? Toh meski mahal, harga bar bender masih tak seberapa jika dibandingkan nyawa manusia. Jadi, selalu kenakan atribut lengkap saat bekerja.

Keempat, baju pelindung yang berfungsi melindungi tubuh dari partikel atau zat berbahaya. Terakhir yaitu sepatu boots (safety shoes). Fungsinya untuk melindungi kaki dari risiko terkena benda tajam, cairan kimia berbahaya, dan lain sebagainya.

Demikian atribut keselamatan kerja selain helm yang wajib digunakan. Semoga, ke depannya pekerja mau mengenakan atribut keselamatan kerja secara lengkap karena nyawa jadi taruhan. Tidak mau bukan keselamatan Anda ditukar dengan uang kompensasi sebesar harga bar cutter, bar bender, atau alat berat lainnya?