10 Jenis Kertas Yang Sering Digunakan Pada Percetakan


Banyaknya kebutuhan di dunia percetakan seperti kartu nama, kartu undangan, tali lanyard , dan sebagainya, membuat bisnis percetakan menjadi bisnis yang paling diincar. Dalam menjalani bisnis ini anda harus keatif dan inovatif, anda juga harus menjamin desain yang anda buat mumpuni, namun selain itu dunia percetakan tidak akan lepas dari yang namanya kertas yang merupakan salah satu media dalam mencetak. Berikut ini merupakan beberapa jenis kertas yang sering digunakan dalam dunia percetakan.

Inilah 10 kertas yang sering digunakan dalam percetakan

1. Kertas Art Paper

Kertas jenis ini memiliki permukaan licin, kertas ini bisa anda pilih untuk mencetak brosur, katalog, dan majalah. Ada beberapa jenis ukuran gramatur dari kertas ini, yakni 85 gr, 100 gr, 120 gr dan 150 gr.

2. Kertas Art Carton

Kertas jenis ini hampir sama dengan kertas art paper, namun kertas ini memiliki sisi yang sama persis seperti, licin dan halus. Kelebihan dari kertas ini adalah memiliki ketebalan yang lebih, sehingga dapat digunakan untuk mencetak cover buku, map, kartu nama bisnis dan sebagainya. Gramatur dari kertas ini mulai dari 190 gr sampai 400 gr.

3. Kertas Ivory

Kertas Ivory memiliki kesamaan dengan kertas carton, namun kertas ini hanya memiliki satu sisi saja, sedangkan untuk sisi yang satunya tanpa coating. Kertas ini cocok untuk cetak dus kosmetik, atau paper bag. Kertas ini memiliki gramasi mulai dari 210 gr sampai 400 gr.

4. Kertas Dupleks

Kertas ini memiliki keunikan yaitu, memiliki dua warna yang berbeda di dua permukaanya, yakni putih dan abu-abu. Kertas jenis ini biasanya digunakan untuk dus obat-obatan atau dus makanan. Kerta dupleks memiliki beberapa tingkat gramatur mulai dari 250 gr sampai dengan 500 gr.

5. Kertas HVS

Kertas yang paling familiar di dunia percetakan ini sering digunakan untuk mencetak buku atau sekedar fotocopy. Hvs memiliki gramatur yang beragam mulai dari 60 gr hingga 100 gr.

6. Kertas Samson Kraft

Kertas ini merupakan kertas yang dihasilkan dari proses daur ulang. Samson Kraft memiliki warna coklat. Kertas ini biasanya digunakan untuk membuat paper bag. Kertas Samson kraft hanya memiliki dua gramatur yaitu 70 gr dan 80 gr.

7. Kertas Linen Jepang, Concord, kertas BW dan BC

Kertas-kertas ini merupakan kertas yang variatif karena permukaanya yang bertekstur serta warna yang disediakan cukup banyak. Kertas ini sering digunakan untuk mencetak sertifikat dan kartu nama. Gramatur yang disediakan mulai dari 160 gr sampai 250 gr.

8. Kertas Yellow Board

Kertas Yellow Board sering digunakan sebagai rangka undangan jenis hard cover. Namun, kertas ini tidak dapat anda cetak di percetaak offset. Sehingga kertas ini biasanya dilapisi dengan kertas art paper atau dupleks saat percetakan. Kertas ini memiliki gramatur YB 40 dan TB 30.

9. Kertas Fancy Papper

Kertas fancy paper memiliki keberagaman, baik dari segi warna, jenis ataupun karakteristik. Dengan keberagamannya kertas ini sering dijadikan pilihan untuk mencetak undangan pernikahan. Kertas ini memiliki beberapa jenis seperti java emboss, hawai, millennium, jasmine dan masih banyak lagi. Kertas ini menyediakan gramatur mulai dari 80 gr sampai 300 gr.

10. Kertas Corrugated

Ciri utama dari kertas ini adalah memiliki permukaan yang bergelombang serta berwana coklat. Kertas Corrugate sering digunakan sebagai dus komputer, dus mi instan dan sebagainya. Jenis kertas ini membutuhkan kertas lain jika anda mencetaknya di percetakan murah.

Itulah jenis-jenis kertas yang sering digunakan dalam dunia percetakan yang harus anda kenal sehingga anda tidak salah dalam memilih kertas untuk kebutuhan percetakaan anda.